Mengenal Dinosaurus di Dino’s Gate Batam

Sudah lama sekali kami berencana ke Jatim Park, semata-mata untuk memenuhi janji ke anak-anak melihat replika dinosaurus. Tapi apa daya, belum ketemu waktu yang pas. Tahun-tahun berlalu dan hingga kinipun belum kesampaian.

Ajaibnya, pengalaman pertama Ochy dan Yui melihat langsung dinosaurus justru ketika kami berkunjung ke Liverpool, tepatnya di world museum yang tak jauh dari flat kami. Cukup berjalan kaki saja. Di sana, bukan sekedar replika yang bisa dilihat tapi juga fosil dan kerangka tulang asli dinosaurus. Pengalaman yang sungguh luar biasa. MasyaAllah betapa Allah telah membalas setiap kesabaran anak-anak kami dengan sesuatu yang tak pernah terbayangkan sebelumnya.

Kabar gembiranya, sekaramg kami bisa melihat dinosaurus di Batam. Sebuah wisata baru bernama Dino’s Gate di daerah Bengkong Laut.

Sejak di-sounding dua hari lalu, Ochy dan Yui semangat luar biasa. Hampir setiap hari mereka membaca buku dinosaurus. Bermainnyapun hanya melirik miniatur dino. Hingga akhirnya tibalah hari kunjungan kami ke Dino’s Gate.

Perjalanan kali ini lebih santai. Saya tidak menyiapkan bekal makanan berat seperti biasanya. Hanya membawa beberapa potong roti selai coklat dan setoples kacang koro buat camilan di jalan. Rencananya, kami memang mau lunch di luar.

Lokasi Dino’s Gate

Dino’s Gate berada di daerah Bengkong Laut. Satu lokasi dengan Aqua Park Adventure. Dari sini tinggal lurus aja ke dalam hingga menemukan gerbang bertuliskan Welcome to Dino’s Gate seperti gambar di bawah ini

Ketika kami berkunjung ke sini, belum banyak informasi yang beredar di internet. Bahkan di gmaps sekalipun tidak ada arahan ke Dino’s Gate. Kupikir mungkin karena saat itu wisata ini belum banyak yang tahu karena masih baru. Tapi kenyataannya ketika kami tiba di sana cukup ramai juga.

Jam Operasional dan HTM

Setelah parkir, kami langsung menuju loket tiket berupa kontainer yang disulap jadi beberapa ruangan. Ada dua konter yang siap melayani para pengunjung. Bagian yang lainnya difungsikan sebagai toilet.

Menurut petugas yang kami tanyai, untuk sementara ini Dino’s Gate buka dari pukul 08.00 – 19.00. Waahh cukup lama juga ya jam operasionalnya. Begitupun dengan harga tiket masuk atau HTMnya. Harga yang berlaku adalah harga sementara selama promo opening berlangsung. Jika normalnya seharga Rp 80.000/orang, selama masa promo opening ini hanya Rp 50.000/orang. Anak-anak di atas 3 tahun dan orang dewasa membayar sejumlah uang yang sama.

Ketika ditanya sampai kapan promo opening tersebut, petugasnya juga tidak bisa memberikan kepastian. Entah karena dia masih baru atau memang belum ada info yang jelas dari atasannya. But so far, kami cukup beruntung kunjungan kesini masih dalam masa promo.

Tiket yang kami dapatkan juga bertuliskan Aqua Park, bukan Dino’s Gate. Mungkin karena masih satu perusahaan atau gimana gak ngerti juga sih. Hehehe. Setelah mendapat tiket, kami gak langsung masuk. Kami sholat dan cari makan dulu berhubung sudah dzuhur biar nanti anak-anak bisa bermain sepuasnya selama berada di Dino’s Gate

Tiket Dino’s Gate tapi tulisannya Aqua Park
Isi tenaga dulu

Fasilitas yang Ada di Dino’s Gate

Bayangan saya, Dino’s Gate ini adalah wahana outdoor yang setidaknya menghabiskan waktu seharian dalam satu kunjungan untuk menjelajahi semua yang ada di sana melihat durasi jam operasionalnya yang lama. Kupikir sekurang-kurangnya seluas Trans Studio Makassar atau Gowa Discovery Park. Rupanya ekspektasi saya terlalu tinggi. Luasnya tidak seberapa dan di sana sini masih dalam tahap pengembangan.

Ketika masukpun tidak ada security check-in yang akan memeriksa barang bawaan kita. Petugas di pintu masuk hanya memastikan tiket saja. Jika punya boleh masuk, tidak punya ya silahkan beli dulu. Ini tentu saja kebahagiaan sejati bagi emak-emak seperti saya sebab itu berarti camilan dan minuman kami bebas masuk. Soalnya wisata seperti ini jarang-jarang yang gak menyita makanan yang kita bawa karena pihak pengelola biasanya telah menyediakan cafe/foodcourt di dalam.

Dari segi fasilitas umum, Dino’s Gate punya toilet, playground, eating area (khusus untuk yang membawa bekal) dan tempat beristirahat berupa kursi batu di area-area tertentu. Tidak ada musholla dan juga belum ada cafe ataupun foodcourt. Hanya ada toko souvenir yang sekaligus menjual minuman dingin.

Dari segi wahana, menurut saya cukup variatif. Ada rabbit farm, spot foto kekinian seperti sarang burung, pintu ke mana saja dan 3D art. Lalu wisata utama yaitu dinosaurus juga beragam. Mulai dari koleksi dino hingga jenis permainan.

Kalau saya tidak keliru, setidaknya ada sepuluh jenis dinosaurus yang bisa kita jumpai. Mulai dari Parasaurolophus hingga ke jenis dino yang sangat familiar seperti T-Rex, Brachiosaurus dan Stegosaurus. Saya amazed juga karena bahkan Pachycephalosaurus ada di Dino’s Gate. Jenis dino yang sangat sulit diucapkan oleh Ochy dan Yui tapi mereka suka memainkannya di mask book. Hampir semua dinosaurus tersebut bisa bergerak dan bersuara. Hanya saja bergerak di tempat. Dan ada satu dinosaurus yang bisa diajak berinteraksi seperti berjalan, berlari dan menggerakkan kepalanya karena di dalamnya ada orang. Hehehe.

Untuk area bermain disediakan spinning cup, dinosaurus yang bisa dinaiki (harus membeli koin agar dinonya bergerak), kolam pasir untuk berburu replika tulang dinosaurus dan rangka dinosaurus yang bisa dilengkapi dengan tulang hasil pencarian di kolam pasir tadi. Di sini, anak-anak have fun banget deh pokoknya.

Terakhir, kita akan sampai di toko souvenir yang menjual pernak-pernik dinosaurus. Koleksinya tidak banyak. Baik jumlah maupun jenisnya. Kualitas barang biasa saja, gak ekslusif, banyak dijumpai di market place. Harga di toko souvenirnya cukup mahal meskipun mencantumkan tulisan all items diskon 20℅. Ya mungkin karena memang sudah di mark up dulu. Pemberian diskon semata-mata sebagai strategi pemasaran saja. Mungkin lho ya. Cuma asumsi.

Nilai Rekomendasi

Untuk daerah Batam, Dino’s Gate sangat patut dikunjungi. Selain bermain, anak-anak juga bisa belajar tentang dinosaurus. Dan jangan kaget jika anak-anak kita yang demikian begitu besar rasa ingin tahunya driving questions a lot sampai kita bingung sendiri mau jawab apa.

Seperti pertanyaan Ochy : Munda, kenapa ya dinosaurus itu besar-besar? Kalau gak mau repot sih bisa saja menjawabnya karena memang. Wkwkwk. Tapi sebagai orang tua yang terus berusaha memperbaiki diri, jawaban tersebut tentu kurang mendidik. Ditengah kebingunganku, alhamdulillah pak suami bantu memberi penjelasan. Dalam upaya merawar fitrah keimanan anak-anak, beliau menyampaikan jika dulunyapun manusia memang besar-besar juga. Sebagaimana Nabi Adam yang digambarkan dalam sebuah riwayat yang tingginya mencapai 60 hasta atau hampir 30 meter. 30 meter itu lebih tinggi lagi dari dinosaurus yang paling tinggi.

Saya ikut menambahkan : Ya, lebih tinggi dari brachiosaurus lho! untuk memudahkan Ochy memahami maksud penjelasan papanya. Soalnya pak suami gak paham nama-nama dinosaurus. T-rex saja sering ketukar sama stego. Hihihi.

Well, back to nilai rekomendasi. Secara keseluruhan saya memberi 4.3/5 untuk Dino’s Gate. Nilai ini tentu saja bisa berubah seiring dengan kemajuan Dino’s Gate ke depannya mengingat saat ini beberapa bagian memang masih dalam tahap pengembangan.

Tips Kunjungan

Berdasarkan pengalaman kami, berikut ini adalah tips-tips yang bisa anda coba ketika berkunjung ke Dino’s Gate :

  • Datang pagi jika berkunjung saat weekend untuk menghindari kehabisan slot tempat parkir, antrian panjang di loket dan berdesakan di dalam wahana
  • Jika datang saat weekdays, mau jam berapapun cenderung bebas crowded
  • Bawa payung lipat karena meskipun banyak pepohonan di sana, panasnya tetap cetar
  • Bawa snack dan minuman yang banyak mumpung bebas masuk
  • Pakai sunblock karena panasnya
  • Bawa baju ganti karena anak-anak tidak akan melewatkan playground begitu saja
  • Bawa mainan dino jika tidak berencana membeli souvenir untuk menghindari anak rewel/ngambek/nangis. Sebab telah disetting sedemikian rupa, setiap pengunjung wajib melewati area ini sebelum sampai ke pintu keluar.

Itulah yang bisa saya bagi tentang kunjungan kami ke Dino’s Gate Batam. Jadi moms, sudahkan memasukkan Dino’s Gate ke dalam family travel list anda?

5 comments

    • Kalau dibandingin Jatim Park 3 emang jauh beda sih ya. Gak apple to apple lah menurutku 😅

      Tapi untuk di Kota Batam, Dino’s Gate patutlah dikunjungi 🤗

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s