Warna Warni Wisata Lembah Pelangi Sekupang Batam

Awalnya kami akan mengunjungi Batam Top Forest. Lokasinya tidak jauh. Sekitar 2 km saja dari rumah. Tetapi setelah sampai di sana, kami malah disambut tulisan Lembah Pelangi. Agak curiga juga sih, soalnya destinasi tujuan kami bukan ke sini. Tapi aplikasi gmaps telah mengarahkan ke titik lokasi yang sesuai. Cek dan ricek, ternyata memang sudah benar. Hanya saja telah berganti nama. Oalaahh. Ok lah kalau begitu.

Salah satu spot foto : perahu layar

Kami disambut dua pemuda di pintu gerbang berlatar kincir angin beragam warna. Salah satunya bertugas memberi tiket masuk yang ditukar dengan biaya Rp 10.000 per orang, termasuk anak-anak. Tapi setelah saya nego, Yui bisa masuk gratis karena usianya masih dua tahun. Hehehe. Dasar emak-emak ya. Eh iya, pemuda yang satunya lagi bertugas memasukkan tiket masuk kami ke kotak undian. Waahh keren juga ya cara menarik pengunjungnya. Sampai ada undian-undian segala. Salut deh.

Lembah pelangi adalah kawasan hutan wisata yang didominasi dengan spot foto kekinian seperti rumah kayu, box telefon, sarang burung, gazebo, menara dan meriamnya, perahu layar, replika balon udara bahkan kursi pelaminan. Seperti namanya, semua properti dicat berwarna-warni layaknya pelangi.

Rumah kayu yang terhubung dengan taman kelinci
Berbagai spot foto
Masuk gak ya?

Meski didominasi spot fotografi, lembah pelangi juga menyediakan wahana bermain bagi pecinta adrenalin seperti mini paralayang, flying fox, rumah pohon dan area outbond untuk anak-anak. Saya sangat terkesan dengan keberanian Ochy memanjat rumah pohon. Soalnya selama ini dia takut dengan ketinggian. Melihat kakaknya happy banget meniti jembatan kayu di rumah pohon, Yui malah ikut-ikutan mau naik. Waduh! Yang repot nantinya saya nih. Sebab itu berarti saya harus gendong Yui memanjat. Oh no! Buru-buru saya mengalihkan pandangannya ke taman kelinci. Ya, di sini juga ada beberapa binatang yang dipelihara seperti tupai, angsa dan kelinci.

Di taman kelinci, anak-anak bisa memberi makan dan minum juga bermain bersama. Ochy dan Yui seru sekali mengejar binatang berbulu itu. Mereka bahkan sama sekali tidak peduli dengan kotoran kelinci yang tersebar di dalam taman tersebut. Justru sayanya yang malah jijik. Saya perhatikan, sepatu mereka telah menginjak beberapa kotoran kelinci. Tapi karena mereka senang sekali, ya udah deh saya nyerah. Lagian, kotor itu kan baik. Hahaha (korban iklan).

Menariknya lembah pelangi karena berada di area hutan sehingga banyak pohon yang melindungi dari paparan sinar matahari. Hutannya pun di daerah perbukitan semakin menambah keindahannya. Jadi kayak bertingkat-tingkat gitu. Setiap spot foto dihubungkan dengan tangga tanah. Di sepanjang tangga tersebut akan dihiasi payung warna-warni atau kincir angin pelangi atau jaring-jaring ban yang juga di cat aneka warna.

Meskipun tidak terlalu luas, tapi cukup membuat kami berkeringat dan kehausan. Baju sampai basah. Mungkin karena jalannya yang naik turun tadi, cukup menguras tenaga. Selain haus, anak-anak ternyata juga kelaparan. Snack dan susu di tas merekapun masing-masing tandas seketika. Yui yang memang suka makan merasa belum kenyang. Dia mau lagi. Sayang sekali, saya lupa membawa bekal lunch mereka. Ada sih warung makan di sini. Menunya mie instant, nasi goreng dan aneka minuman. Berhubung kami sudah gerah banget, mending sekalian pulang biar bisa mandi juga. Toh jaraknya dekat saja dari rumah.

Pelataran di atas sungai atau apalah namanya. Yang jelas, anak-anak enjoy banget.
Menuju rumah pohon
Aneka payung dan kincir angin warna-warni

Menurut saya, lembah pelangi Sekupang Batam cocok banget buat wisata keluarga. Meskipun masih tahap pengembangan, tapi wahana dan fasilitas yang ada sekarangpun cukup memadai. Ada musholla, kamar mandi umum dan tempat sampah yang banyak tersebar di berbagai area agar kebersihan tetap terjaga. Jangan lupa bawa minyak telon anti nyamuk ya, soalnya nyamuk-nyamuk hutan ganas juga lho. Selain gatal juga bikin bentol!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s