Edutrip ke Perpustakaan MJA Nagoya

Ini adalah edutrip pertama kami di Batam sejak tiba sepuluh hari yang lalu. Kami memilih ke perpustakaan umum. Browsing sana sini ketemulah saya tiga perpustakaan yang banyak direkomendasikan para blogger.

Keluarga kami sangat cinta buku. Termasuk anak-anak yang meskipun masih balita dan belum bisa membaca, mereka sangat suka dengan buku. Terkadang, mereka menyulap buku di home library kami yang mini jadi mainan. Entah disusun jadi menara, membuat labirin, jembatan, danau, gunung, rumah hingga praktikum efek mekanikal dengan menyusun semua buku membentuk barisan lalu mendorong buku pertama hingga menimpa buku berikutnya disusul buku lainnya hingga akhirnya semua buku terjatuh . Istilah kerennya efek domino. They love it so much!

Setelah meminta izin suami, kamipun berangkat naik taksi online. Papa tidak bisa ikut serta karena masih hari kerja. Saya memilih perpustakaan MJA di Nagoya. Perpustakaan ini yang paling banyak reviewnya dengan komentar bagus.

Tampak depan

Seperti namanya, perpustakaan MJA ini berada di kawasan Masjid Jabal Arafah. Lokasi masjid yang berada di ketinggian menyuguhkan pemandangan hijau yang asri. Banyak pohon dan tanaman teduh di sekelilingnya. Nah perpustakaan ini berada tepat disamping masjid. Terhubung dengan teras keramik dan dinding kaca. Pintunyapun dari kaca.

Begitu masuk, kami disambut pustakawan yang sangat ramah. Di sini, ada buku tamu yang harus kita isi dan barang bawaan kita bisa disimpan di lemari khusus. Bukan loker sih. Hanya lemari biasa yang digunakan bersama-sama.

Anak-anak sangat excited sejak pertama masuk ruangan. Mereka sudah berhamburan ke sana kemari. Mengecek buku dari satu rak ke rak lainnya. Berkejaran menyusuri lorong-lorong buku.

View begitu buka pintu. Di sini kita mengisi buku tamu
Ochy dan Yui lagi milih-milih buku di kids corner
Ochy pilih lesehan. Yui pilih membaca di kursi anak
Nyari buku apa kak?

Perpustakaa MJA sangat nyaman. Beralas karpet tebal yang empuk. Favorit banget buat yang suka lesehan seperti kami. Kalau yang gak suka melantaipun disediakan kursi yang nyaman. Lengkap dengan meja panjang. Di sini juga tersedia computers corner dengan akses internet gratis yang bisa digunakan pengunjung. Tapi komputer ini hanya untuk orang dewasa. Anak-anak tidak diperkenankan menggunakannya.

Koleksi buku perpustakaan MJA cukup banyak. Di tata dengan sangat rapih. Di bagian tengah ruangan ada rak melingkar yang juga terisi penuh. Hanya di bagian rak buku anak yang masih kurang. Satu spot khusus bahkan masih kosong. Sebaian besar buku-buku di sini memang sumbangan dari perusahaan BUMN seperti Bank Indonesia, PT. Taspen, Bank Mandiri, dll.

Kursi buat yang gak suka lesehan
Rak melingkar yang saya maksud
Computers corner
Mandiri corner
BI corner

Jam makan siangpun tiba. Saya membawa bekal dari rumah untuk anak-anak. Kami ke taman yang berada dibawah bangunan perpustakaan. Di taman ini juga ada kolam ikan. Suasana sekitar yang teduh dengan suara gemericik air di kolam benar-benar menggugah selera makan. Bekal anak-anak habis tak tersisa. Taman ini juga terhubung langsung dengan cafe dan toko souvenir. Jadi yang gak bawa bekal gak usah khawatir. Bisa pesan makanan dan minuman di cafe ini. Tersedia snack (mostly prata dengan berbagai pilihan rasa) hingga makanan berat seperti nasi goreng dan mie lendir. Harganya juga sangat terjangkau. Untuk makanan mulai dari Rp 10.000 – Rp 20.000 dan minuman dari Rp 5.000 – Rp 15.000. Murah banget kan?!

View taman dari perpustakaan
Yui asyik banget liatin ikan
Bekal Ochy dan Yui

Setelah selesai makan, Ochy dan Yui main di taman. Kejar-kejaran, main kereta, liat ikan, sesuka merekalah pokoknya. Munda mah duduk syantiek mengawasi saja. Minum teh ditemani prata coklat.

Puas main, kami kembali lagi ke perpustakaan. Berjam-jam di sana hingga waktu Ashar tiba. Setelah sholat kamipun pulang. Eh nggak ding! Mampir ke sebelah dulu karena menurut info babang gocar tadi, MJA ini bersebelahan langsung dengan Nagoya Hill. Hehehehehe. Mayan kan buat cuci mata.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s