Aroma Makassar Ala Pelangi Kitchen Timika

Sebenarnya bukan sebuah kesengajaan berkenalan dengan Pelangi Kitchen yang mengusung konsep kafe kekinian bergaya semi retro industrial. Saat itu suami sedang memesan makanan di Kuala Oriental untuk take away sementara saya dan anak-anak menunggu di mobil.

Tepat di depan Kuala Oriental, rupanya ada sebuah cafe dengan sign board warna warni bertuliskan Pelangi Kitchen & Pizza. Sepintas terlihat kurang menarik dari luar. Apalagi posisinya di lantai dua dan hanya ada tangga besi penghubung yang sepertinya kurang safety. Pikir saya, tempatnya pastilah kurang children friendly.

Namun entah mengapa saya begitu tertarik dengan kata pizza di sign board tersebut. Maklumlah, pizza di Timika itu masih limited. Dulu sih sering beli di Papa Ron’s tapi semenjak tutup, kami tidak pernah makan pizza lagi. Belakangan, Waanal juga kini memiliki menu pizza. Review tentang Waanal pernah saya tuliskan di sini. Saat itu sih dia belum punya menu pizza. Kapan-kapan deh saya tulis tentang pizza marinara Waanal yang menjadi favorit keluarga kami.

Kembali ke Pelangi Kitchen. Karena tidak ingin disiksa rasa semu membayangkan nikmatnya gigitan sepotong pizza, sayapun rela menanjaki tangga besi tersebut. Ketika tiba di pintu masuk, I was amazed with the view. Ngafe banget dan ig-able. Sayapun segera memesan pizza. Sambil menunggu, saya lihat-lihat menu yang lain sekaligus mengamati dekorasi ruangannya. Ungkapan don’t judge a book just by its cover sepertinya baru saja menampar saya.

Sejak saat itu, saya dan keluarga jadi sering makan di sana. Apalagi menu andalannya adalah makanan khas Makassar seperti mie titi, sop ubi dan barobbo. Saya juga jadi sering merekomendasikan tempat ini ke teman-teman sebab bukan hanya konsep cafenya yang ok. Ragam menunya banyak, dari rasa nusantara, chinese food hingga western food. Harga makanannyapun so so dan rasanya enak. Untuk ukuran Timika, harga menu di Pelangi bisa dikategorikan sangat murah. Meski harganya bersahabat, kualitas rasa dan penyajian bisa diuji. Nah karena sering datang, ownernya yang baik hati biasanya ngasih saya diskon 20%. Alhamdulillah ya rezeki emak Modis alias Modal Diskon. Wkwkwk.

Buat kalian yang hanya ingin sekedar hang out, menu snack di Pelangi bisa jadi teman nongkrong kamu. Satu lagi nilai plus Pelangi, tersedia non smooking room sehingga aman buat anak-anak.

Beberapa menu di Pelangi
Daftar menu snack
Pilihan minuman di Pelangi
Real picture menu pelangi
Real picture menu pelangi

Berhubung masa kontrak Pelangi di ruko tersebut telah habis, diapun pindah alamat ke Jl. Yos Sudarso tepat di samping Laundry Oxy. Padahal menurut saya di tempat sebelumnya yaitu di Jl. Budi Utomo sangatlah strategis karena berdekatan dengan Mall Diana.

Di tempat yang baru, interior cafe sedikit berbeda. Beberapa benda dan perkakas klasik ikut menghiasi dinding cafe. Kesan retronya bergeser ke gaya vintage. Yang tetap dipertahankan adalah perpaduan warna merah dan hitam yang mendominasi sisi mini bar. Selain itu, di tempat yang baru ini juga lebih luas. Hanya saja area parkirnya kurang memadai untuk mobil. Setidaknya hanya bisa menampung maksimal empat mobil saja. Saya sempat memberi masukan ke ownernya tentang area parkir tersebut. Tapi langsung ditepis bahwa saat sore hari, ruko-ruko di sebelah telah tutup sehingga para pengunjung bisa memarkir kendaraannya di depan ruko-ruko itu. Waduh.. Hehehe.

Pelangi Kitchen di tempat baru (Jl.Yos Sudarso)
Pelangi Kitchen di tempat baru
Pelangi Kitchen di tempat baru
Yang tetap dipertahankan baik di tempat lama maupun di tempat baru

Pelangi Kitchen buka setiap hari dari pukul 10.00 hingga pukul 21.00. Maklum, mayoritas penduduk Timika memang non muslim sehingga saat ramadhan sekalipun, tempat makan akan tetap beroperasi seperti biasanya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s