Staycation di Rimba Papua

Keputusan Kak Idu untuk tidak ikut serta ke Raja Ampat dalam rangka family gathering kantornya bukan tanpa alasan. Pertama, kami punya 2 balita. Cukup sulit mengikuti itinerary dari paket tour yang ditawarkan. Jadwalnya terlalu padat. Kurang santai untuk kami yang rempong. Kedua, kami sedang menabung keras untuk perjalanan ke luar negeri yang akan dilakukan beberapa bulan lagi sehingga harus berhemat. Kak Idu sih ditanggung, tapi saya dan anak-anak tidak. Ceki-ceki tiket pesawat omaigaatt mayan juga buat bertiga. Alasan lainnya, Kak Idu sendiri sudah empat kali ke Raja Ampat dan menurutnya anak-anak kami belum cocok diajak ke sana sebab untuk ke spot-spot tertentu butuh perjuangan manjat-manjat tebing.

Akhirnya long weekend kali ini kami isi dengan staycation di Rimba Papua, salah satu hotel berbintang di Timika yang dibangun oleh PT. Freeport. Dulunya hotel ini bernama Sheraton Hotel. Tapi di tahun 2009 secara resmi dikembalikan lagi ke Freeport dan berganti nama menjadi Rimba Papua Hotel.

Lho? Katanya mau berhemat. Kok malah staycation begini? Hehehe.. Soalnya masih masuk budget liburan lokal dan proses bookingnya bisa dibantu teman. Maklum yang bisa melakukan reservasi hanya tamu yang memiliki nomor ID PT. Freeport Indonesia. Jadi gak sembarang orang yang bisa menginap di sini. Kalau gak ada ID khusus, mohon maaf silakan cari hotel yang lain.

Sesuai dengan namanya, Rimba Papua Hotel (RPH) mengajak kita bermalam dengan sensasi menginap di tengah belantara. Lokasinya jauh dari pusat kota, terisolir dalam area hutan lindung dengan luas lahan 60 hektar. Karena itu di sekitar RPH masih banyak pohon-pohon besar nan tinggi. Suara jangkrik dan burung juga bersahut-sahutan. Arsitektur hotelpun disesuaikan agar nuansa alamnya tetap terjaga. Seperti bangunan yang dibuat berbahan dasar kayu dan batu alam. Selain itu eksterior dan interior hotel juga mendukung. Patung dan lukisan suku asli Papua (Asmat dan Kamoro) dipajang di berbagai sudut, semakin menambah rasa khas tradisional.

Bertolak belakang dengan aristekturnya, fasilitas hotel yang ditawarkan justru sangat modern. Ada AC, TV kabel, water heater dan laundry. Fasilitas seperti pusat kebugaran, restoran, kafe, ruang pertemuan dan kolam renang juga disediakan. Kolam renangnya ini sangat unik dengan desain berkonsep pantai. Bisa dibilang, ini adalah kolam renang terbaik yang ada di Timika.

RPH memiliki 83 kamar yang terbagi dalam empat tipe yaitu tipe Superior, Executive, Deluxe, Executive Suite dan Deluxe Suite. Selain tipe kamar, kita juga bisa memilih view kamar : pool view atau jungle view. Saya memilih kamar dengan pool view yang dilengkapi balkon. Lantai kamarnya dari kayu dan plafonnya dari rotan. Benar-benar terasa alami.

Saat sarapan, menu yang disajikan juga banyak dan beragam. Indonesian food seperti bubur ayam, nasi goreng, sapi lada hitam, ayam goreng asam manis, ikan tepung dan capcai. Sedangkan untuk Western food tersedia dalam berbagai menu ayam. Kue, aneka jus, salad dan buah juga tidak ketinggalan.

Setelah sarapan, kamipun mengajak anak-anak berenang. Kolamnya ada dua, untuk dewasa dan anak-anak. Kursi baring untuk berjemur dan gazebo dengan kasur busa juga disediakan untuk melengkapi kenyamanan tamu. Tidak hanya itu, playground untuk anak-anak juga tidak jauh dari kolam. Overall, kami merasa puas menginap di Rimba Papua.

10 comments

    • Halo Rahayu, salam kenal πŸ™‚
      Terimakasih sudah berkunjung.

      Iya nih tiket pesawat ke Timika memang cukup mahal. Apalagi sekarang2, udah naik 2 kali lipat. Huhuhu.

      Klo transportasi umum di sini ada mbak tapi jumlahnya terbatas. Orang2 sini sebutnya taksi tapi beda dengan taksi2 di kota. Sebutannya saja yg taksi. Saya belum pernah cobain naik angkot tapi kalau naik ojek motor pernah. Biayanya mulai dari 5 rb rupiah.

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s