Pengalaman Mengurus Sendiri Visa UK ( Untuk Satu Keluarga) di VFS Global Jakarta

Sebagai warga negara Indonesia, kita diharuskan mempunyai visa UK jika akan ke Inggris dan negara di sekitarnya seperti Skotlandia . Visanya ini bisa diproses di seluruh VFS Global baik di Jakarta, Surabaya ataupun Bali. Saya sendiri memilih Jakarta setelah melakukan hitungan biaya perjalanan, akomodasi dan biaya visa UK itu sendiri. Maklum, di kota kami tidak ada kantor perwakilan VFS Global sehingga kami masih butuh biaya tiket pesawat, penginapan dan tentu biaya makan. Lagi pula di VFS Global lainnya meminta biaya tambahan (di luar biaya visa dan biaya vfs) yang besarannya mencapai satu juta rupiah per orang termasuk bayi dan anak-anak. Lumayan juga kan untuk satu keluarga seperti kami.

Lalu bagaimana langkah-langkah pengajuan visa UK?

Sebelumnya, saya informasikan dulu bahwa mengurus sendiri visa UK ini tidak sulit. Tapi… lumayan bikin puyeng. Apalagi jika mengisi form untuk empat orang sekaligus. Bayangkan saja, satu aplikan formulirnya ada 14 lembar. Jadi kalau berempat ya mesti ngisi 56 lembar. Hehehe. Tapi don’t worry, ini gak mesti dikerjakan dalam sehari kok. Kita bisa save dan melanjutkannya kembali sewaktu-waktu.

Well, setidaknya ada lima langkah yang harus kita tempuh untuk mengurus visa UK secara mandiri yaitu :

  1. Siapkan semua dokumen
  2. Mengajukan aplikasi visa secara online
  3. Membuat janji pertemuan dan pembayaran aplikasi visa
  4. Menghadiri jadwal pertemuan
  5. Mendapat keputusan visa

Kelihatannya simple banget ya. Tapi dalam pelaksanaannya sukses bikin saya sakit kepala terutama untuk mengisi bagian Income and Expenditure. Ribet banget!

Sebelum mengisi form online, sebaiknya menyediakan semua dokumen terlebih dahulu untuk memudahkan. Dokumen yang disyaratkan antara lain :

  1. Paspor yang masih berlaku. Amannya sih minimal 8 bulan terakhir. Siapkan juga paspor lama jika ada.
  2. Foto kopi KTP, KK, akte kelahiran (termasuk akte kelahiran anak), buku nikah yang semuanya telah diterjemakan ke dalam bahasa Inggris dengan penerjemah tersumpah atau sworn translator. Jadi meskipun kamu jago banget bahasa Inggrisnya, kamu gak bisa menerjemahkannya sendiri. Suka gak suka harus diterjemahkan oleh sworn translator which means butuh biaya untuk membayar jasa mereka. Penerjemah tersumpah ini banyak yang online. Cukup mengirimkan email dokumen yang akan diterjemahkan. Biayanya Rp 50.000 / lembar di Jakarta Translation Centre dan Rp 100.000 / lembar di Worldnet Translation Service. Kalau saya tentu saja pilih yang termurah. Saat itu translatenya di anangf@gmail.com dengan biaya Rp 35.000 / lembar. Meskipun biayanya murah, alhamdulillah pelayanannya sangat baik dan cepat.
  3. Surat keterangan kerja dengan kop surat perusahaan yang merangkum informasi gaji per bulan, lama bekerja, konfirmasi izin cuti termasuk jenis cuti yang diberikan apakah cuti tersebut dibayar atau tidak.
  4. Surat referensi bank dalam bahasa Inggris. Ini harus diurus sendiri di bank tempat kita menabung. Masing-masing bank memiliki kebijakan sendiri. Ada yang bisa terbit saat itu juga ada juga yang mesti menunggu hingga 3 hari. Biayanya pun variatif. Misalnya di BCA kena biaya Rp 50.000, Bank Mandiri Rp 100.000, BRI Rp 150.000 dan BNI sebesar Rp 250.000. Kami membuatnya di bank Mandiri dan langsung terbit saat itu juga.
  5. Rekening koran 3 bulan terakhir. Sebenarnya ini sama saja sih dengan surat referensi bank. Masing-masing memuat informasi yang menunjukkan bahwa aplikan visa memiliki dana yang cukup untuk melakukan perjalanan ke negara yang di tuju. Bedanya, rekening koran lebih terperinci tentang dana yang masuk dan keluar sedangkan surat referensi bank hanya berisi total dana keseluruhan.
  6. Bukti booking tiket perjalanan dan akomodasi di UK. Tiket pesawat ini tidak mesti yang sudah issued. Pakai tiket bookingan juga bisa. Pastikan saja tanggal bookingnya masih aktif pada saat mengajukan visa. Adapun akomodasi di UK juga tidak mesti yang sudah dibayar/confirmed. Bisa menggunakan bookingannya saja. Situs seperti booking.com adalah favorit saya karena banyak pilihan akomodasi yang no prepayment dan bisa dicancel begitu proses visa selesai.
  7. Opsional : Dokumen penunjang untuk membantu meyakinkan kedubes Inggris. Bisa berupa asuransi perjalanan dan tanda kepemilikan aset di Indonesia. Saya hanya melampirkan asuransi perjalanan dari AXA Smart Traveler untuk satu keluarga yang dibeli secara online. Biayanya 800 ribu-an.

Selanjutnya mengajukan aplikasi visa secara online. Tahapannya :

  1. Membuat akun di https://www.visa4uk.fco.gov.uk untuk yang baru mulai. Kemudian ikuti langkah-langkah di website tersebut dan mulai mengisi Aplicant Details dari lembar pertama form aplikasi hingga ke bagian pernyataan di lembar terakhir. Total form aplikasi ada 14 lembar.
  2. Klik tombol submit jika telah selesai mengisi semua form aplikasi. Sebelumnya, cek kembali satu persatu kolom isian untuk memastikan tidak ada kekeliruan. Karena sekali tombol submit terklik, kita sudah tidak bisa mengubah informasi apapun.

Selanjutnya membuat jadwal pertemuan (temu janji) dan membayar visa. Tahapannya :

  1. Memilih tanggal dan waktu yang masih tersedia di website https://www.visa4uk.fco.gov.uk . Waktu temu janji ini tersedia dari pukul 08.00 – 12.00 dan 12.30 – 15.30. Untuk satu keluarga seperti kami, masing-masing harus memilih jam yang berbeda.
  2. Membayar visa secara online. Ini bagian yang cukup bikin sedih. Bagaimana tidak, biaya keseluruhannya (visa dan vfs) mencapai Rp 1.950.000 per orang. Bayi dan anak-anak bahkan harus membayar sejumlah yang sama dengan orang dewasa. Totalnya hampir 8 juta untuk keluarga kami dan itu tanpa jaminan visa akan disetujui. Hiks
  3. Mencetak hasil form dan tanda bukti pembayaran beserta jadwal temu janji yang telah dikirimkan ke email.

Selanjutnya menghadiri jadwal pertemuan yang telah kita buat. Kami datang ke Jakarta sehari sebelum jadwal temu janji kami. Kantor VFS Global ada di mall Kuningan sehingga saya memilih menginap di hotel Amaris yang tepat berhadapan dengan mall kuningan.

Pagi sekitar pukul 10, kami sudah tiba di kantor VFS Global di lantai 2 mall kuningan. Beberapa orang sudah menunggu di depan. Kamipun ikut mengantre. Petugas keamanan akan memeriksa seluruh barang bawaan kita. Selanjutnya petugas vfs akan meminta hasil cetak jadwal temu janji dan memeriksa kelengkapan berkas serta urutan susunannya. Kalau sudah lengkap dan benar susunannya, kita boleh masuk.

Tiba di dalam, ada beberapa perwakilan VFS Global yang tidak hanya mengurus visa UK tetapi juga untuk visa Australia dan New Zealand. Kami duduk di kursi antrean khusus pengurusan visa UK dan menunggu nama kami dipanggil.

Setelah giliran kami tiba, berkas akan dicek sekali lagi oleh petugas dan mengisi form pengiriman paspor (layanan kurir). Soalnya kami tinggal di luar Jakarta sehingga butuh biaya banyak jika datang sendiri mengambilnya. Biaya layanan kurir ini Rp 140.000/aplikan dan biaya layanan sms yang memuat informasi perjalanan proses visa sebesar Rp 25.000/aplikan. Layanan sms ini kami ambil hanya untuk Kak Idu saja karena insyaAllah informasinya sama dengan proses perjalanan visa saya dan anak-anak.

Selanjutnya proses pengambilan data biometrik dan foto di bilik khusus. Hasil foto langsung di ruangan ini yang akan menjadi foto di visa kita kelak, karena itu tidak perlu membawa pas foto sesuai dengan anjuran dokumen di website VFS Global karena sama sekali tidak akan terpakai. Di sini juga berlangsung sesi wawancara singkat. Tidak perlu banyak bicara. Cukup menjawab pertanyaan petugas dengan tepat, singkat dan ala kadarnya untuk menghindari pertanyaan lanjutan akibat jawaban kita yang mungkin bertele-tele karena bacrit.

Selesai. Tinggal menunggu paspor tiba di rumah sambil deg-deg syur visanya granted atau tidak. Hehehe.

Saya sendiri cukup yakin paspor kami akan ditempeli visa UK. Dokumen dan persyaratannya sudah kami penuhi semua. Yang membuat saya juga percaya diri karena di kolom travel history selama 10 tahun terakhir di form aplikasi insyaAllah cukup meyakinkan kedubes Inggris untuk meloloskan visa kami.

Lima hari kerja setelah kami pulang dari VFS Global Jakarta, paspor saya dan keluarga sudah diterima kembali dengan visa UK di dalamnya. Alhamdulillah.

77 comments

    • Hai Rian, terimakasih ya sudah berkunjung.

      Sepengalaman aku, kami memakai satu akun saja (akun atas nama suami) untuk semua anggota keluarga.

      Semoga membantu ya 🙂

      Like

      • waktu mba bikin visa tahun berapa ya ? sepertinya sekarang sudah tidak bisa ya mba?
        masing2 harus punya aku sdri kh ya?

        Like

  1. Assalamualaikum..

    Salam kenal mba Ainun, terimakasih ya mba..infonya bermanfaat sekali..
    Maaf mba Ainun mau tanya tentang surat keterangan kerja yang ada keterangan cuti dibayar perusahaan, boleh minta contoh suratnya ngga mba? saya agak bingung dengan susunan kalimatnya..
    Terima kasih sebelumnya ya mba Ainun..

    Like

  2. Pagi mbak saya ada lihat point no
    4. Upload dokumen dan buat jdwl temu (blm)

    bagaimana caranya menguploadnya ya mbak.. saya agak bingung saya sedang mempersiapkan Visa UK.
    apa setelah upload document kita perlu membawa berkas berkas yang lengkap saat di Jakarta. Mohon infonya terimakasih

    Like

    • Hai Rosa. Terimakasih sudah berkunjung ke sini ya.
      Sekarang ini, VFS untuk UK, paperless. Jadi VFS menyediakan upload document saat aply secara online.

      Kalau saya dulu belum ada mbak, jd semua berkas yg dibutuhkan sy bawa dokumen fisiknya.

      Saran saja sih, misal semua dokumen sudah di upload, mungkin bisa bawa juga dokumen hardfilenya untuk jaga-jaga. Siapa tau di minta lagi.

      Semoga membantu ya mbak

      Like

  3. Assalamualaikum mbk..mbk mulai proses aplly Sampek dapat panggilan interview dan berapa lama nunggu mbk
    Terimakasih

    Like

    • Wa’alaikumussalam. Kalau panggilan interview-nya kita sendiri yg menentukan mbak dengan memilih slot waktu yang tersedia.

      Jd klo sdh submit aplikasi, akan diarahkan ke jadwal temu janji

      Like

  4. Hallo mba, saya dg Riris. Saat ini mau apply visa utk keluarga. Saya sdh isi data suami online di web uk4visa, kemudian diarahkan utk bayar visa. Setlh itu diarahkan ke web Vfs. Saya belum menyelesaikan tahapan di Vfs krn agak bingung pada halaman “location details” pada pertanyaan terakhir ada kalimat apply as dan sdh tertulis apply as individual only. Apakah memang sprti itu atau ada pilihan family? Saya takut kalau saya ada salah input seblmnya atau krn suami sdh byr visa shg muncul ‘individual only’?
    Apakah benar tahapan yg saya sdh jalankan mba?
    1. Buat akun dg email suami
    2. Isi form dg data suami
    3. Byr visa
    4. Upload dokumen dan buat jdwl temu (blm)
    5. Masuk akun suami lagi (blm)
    6. Isi form dg data istri/anak (blm)
    7. Mengulang kembali sampai membuat jadwl temu di web vfs

    Terima kasih seblmnya

    Like

  5. mba mau tanya, kalo anak saya pergi ke UK dengan orang tua saya dan saya gak ikut pergi ke UK. waktu wawancara kalo satu dari saya dan suami yang mendampingi apa boleh ya? lalu untuk proses visanya apakah ada tambahan dokumen ya? karna anak saya kan perginya sama kakek neneknya

    Like

    • Halo mbak Cindy. Terimakasih udah mampir di sini 🙂

      Mohon maaf mbak, saya juga kurang tau klo kasusnya seperti ini. Lebih jelasnya mungkin bisa menghubungi pihak VFS 🙂

      Like

  6. Hi mba Ainun, salam kenal….bagaimana caranya mengisi form aplikasi untuk anggota keluarga yang lain? saya cari2 menu untuk aplikasi baru dengan login saya tidak ketemu. Jadi akhirnya saya masuk ke menu awal sekali seperti baru mau buat account baru tapi saya masukkan email address yang saya pakai untuk aplikasi saya. Betul kah seperti ini step nya? Terima kasih sebelumnya.

    Like

    • Halo mbak Fili. Salam kenal jg. Terimakasih sudah mampir dan maaf baru sempat balas. Satu akun bisa untuk bbrp aplikan mbak. Jd seperti kami ada berempat tp hanya memakai satu akun. Hanya saja masing2 dengan form aplikasinya sendiri. Di menu awal itu ada pilihan daftar untuk diri sendiri atau untuk org lain. Jd misal sdh mengisi form aplikasi untuk diri sendiri, silahkan kembali ke menu awal lagi, mulai lg seperti semula hanya saja dengan mengklik pilihan form untuk orang lain. Dan mulai lagi mengisi form seperti yang mbak Fili sudah isi sebelumnya untuk diri sendiri tapi kali ini isinya harus sesuai data orang yang mbak Fili isikan

      Semoga membantu ya mbak

      Like

  7. Hallo mbak
    Saya mau payment by Mastercard ,ktnya mereka krm SMS kode ke nomor saya tp sy nggak terima udah coba berkali2..

    Like

  8. Halo, Mb Ainun… Nanya lagi ya, yg Mb daftar notifikasi sms itu, nerima notifikasi berapa kali ya? dr masukin rekam biometrik sd paspor diterima kembali. sy rekam biometrik baru senin minggu lalu, selasa nerima sms bahwa doc sy udah diteruskan ke UKVI. Padahal sy daftar sms nya buat 3 orang tapi, sy cuma nerima 1x. Apa memang gt kali ya kalau yang daftar keluarga? Btw Mb tinggalnya di kota apa? kok pengirimannya cepet. sy kemaren dikasih estimasi 15 hari kerja untuk proses visanya dan +5 hari kerja buat pengiriman. VFS pakai ekspedisi apa ya Mb? Mb kan 4 aplikasi, nerima 4 paspornya dalam 1 amplop ekspedisi atau 4 amplop terpisah?

    Masih deg deg ser menunggu keputusan ini, Mb Ainun… hehehe

    Like

    • Halo juga Pandu.

      Tentang layanan SMS, pengalaman kami di VFS untuk UK memang tidak sebaik VFS untuk Schengen. Kalau di Schengen semua dapat sms sejak menyetor semua dokumen hingga proses visa selesai. Sedangkan VFS UK kami terima sms hanya 1x saja. Tau2 dapat sma bahwa visanya sudah jadi. Gak ada sms apapun sebelumnya (yg bikin sy bertanya2 sampai susah tidur bagaimana kabar visa kami krn gak ada informasi apapun 😅). Jd sebenarnya gak perlu sih ambil layanan sms nya. Rugi menurutku.

      Kami malah di tlp bahwa visanya sudah jadi. Trs dikonfirmasi mau dirim via kurir atau ambil sendiri krn saat itu jelang libur panjang. Dikhawatirkan kalau via kurir sampainya bakal lama akibat libur panjang tsb. Tp kami ttp minta dikirim via kurir aja. Krn kalau ngambil sendiri di Jakarta berat diongkos 😂

      Kami tinggal di Makassar mas. Expedisinya sdh gak ingat. Tp passportnya dikirim bersamaan tapi dalam amplop sendiri2. Jd terima 4 amplop.

      Semoga visanya approved ya mas dan selamat menjelajah UK ☺️

      Like

  9. Halo Mba Ainun. thank you untuk infonya. Saya mau tanya untuk hal rekening koran itu apakah sama dengan e-statement yang ada di klikbca (kebetulan sy pakai bca)?, apakah harus di print semua transaksi atau boleh di print bagian awal dan akhir per bulan? karna kalau di print semua bisa sampai 2o lembar per bulannya. Thank you

    Like

    • Halo mbak Imar, maaf ya baru balas. Saya kurang tahu mbak krn gak pernah pakai e-statement. Tp menurut saya sama saja kali ya (tp ini murni pendapat saya saja ya mbak. Benar tidaknya sy tidak bisa pertanggungjawabkan) 😅

      Like

  10. Assalamualikum Mb,mohon info kapan kita memindai dan memasukan dokumen secara online?apakah memindai sendiri dokumen tsb atau bantuan VFS ya?krn sy liat ada layanan tsb. terima kasih,atau bisa diupdate tulisannya lebih detil..supaya yg awam kayak sy gak nanya2 lagi..he3x.

    Like

    • Wa’alaikumussalam. Halo Rofiq, maaf ya baru balas.
      Memindai dan memasukkan dokumen seperti apa nih? Kalau pada saat pengisian form, tidak ada proses pemindaian dokumen secara online ke form aplikasi. Semuanya diisi secara benar, berdasarkan info yg ada di dokumen seperti passport, kartu keluarga, akte lahir, buku nikah, dll) (tanpa melalui proses scan dokumen tersebut).

      Setelah mengisi form aplikasi dgn benar -> submit. Setelah itu ikuti saja langkah2 sebagaimana yg sy tulis di blog ini.

      Layanan FVS itu ada banyak skl dan semuanya berbayar. Sesuaikan saja dgn kebutuhan. Sy hanya mengambil layanan kurir dan sms krn sy berada di luar kota.

      Semoga membantu ya 🙂

      Like

  11. Halo, Mb. Ainun,..

    Jasa penerjemah Pak Anang ini ada nomor yang bisa dihubungi g ya? nomor buat di whatsapp mungkin. Atau hanya via email anangf@gmail.com saja? Responnya cepat atau lambat ya beliau?

    Kalau ada nomornya, sy boleh minta tolong diemail ya.

    Terimakasih sebelumnya.

    Like

      • Terimakasih banyak, Mb. Ainun. Btw sy ini Bpk2. Ini sy sudah komunikasi dengan Pak Anangnya. Cepet banget responnya. 🙂

        Mau nanya beberapa hal lagi Mb terkait pertanyaan waktu apply online:

        1. Give details of the main purpose of your visit -> ini harus detail seperti menyebutkan nama tempat wisatanya atau in general saja seperti mau ke london, manchester dll?
        2. Do you have another income -> Istri sy tidak bekerja, ini lebih baik diisi tidak punya income alias 0, atau diisi ada pemberian dari suami?
        3. total amount of money you spend each month -> Untuk Istri dan anak apakah diisi 0 saja?
        4. plan to stay in UK -> sy rencana pakai airbnb tetapi blm book dan bayar, baiknya diisi seperti apa ya? diisi bakal nyewa airbnb di sebutin nama daerahnya secara umum atau kita tulis 1 spesifik property di airbnb dan kita masukin alamatnya?
        5. Untuk yang nominal-nominal itu baiknya pakai currency GBP atau IDR?

        Mohon pendapatanya ya, Mb. Ainun… Mohon maaf nanyanya banyak… hehehe. 🙂

        Like

      • Hehehe. Baik pak. Iya, respon pak Anang cepat banget, harganya terjangkau lagi 😁

        1. Sepengalaman saya, saat itu isinya in general saja. Bahkan tempat2 yg saya kunjungi (in real visit) beberapa tidak sy tuliskan. Takut ditanya macam2. Hehehe. Jd sy cuma tulis kunjungi London : Big Ben, Westminster, London Eye dan beberapa tempat mainstream. Meski kenyataannya kami travel hingga ke manchester, liverpool, dan Edinburgh. Hehe

        2. Sebaiknya diisi 0 saja pak. Kasusnya sama dgn saya yg IRT

        3. Sebaiknya diisi sesuai dgn perhitungan budget pak. Sebulan istri habis berapa, anak habis berapa. Pastikan saja pengeluaran di sini tidak lebih besar dari tabungan.

        4. Untuk keperluan visa Sebaiknya pakai booking.com saja pak. Pilih yg free cancellation and no prepayment needed. Jd klo visa udah

        Liked by 1 person

      • Maaf tombol send tertekan padahal blm selesai. Sy lanjut di sini saja ya pak.

        4. Untuk keperluan visa, bisa pakai booking dot com. Pilih saja yg bisa dicancel dan tdk butuh pembayaran dimuka. Jd klo udah jadi visanya bisa segera di batalkan. Sy pun dulu begitu. Ketika di Inggris semuanya menggunakan air bnb.

        5. Semua nominal dihitung dalam GBP pak.

        Semoga membantu ya pak. Dan semoga visanya lolos

        Liked by 1 person

      • Terimakasih banyak atas respon dan masukannya ya, Mb Ainun… semoga kebaikan Mb Ainun dibalas oleh Tuhan YME. Sy mau bales di komen yg paling terakhir tp kok g ada tombol reply nya ya? jadi reply disini aja.

        Sekali lagi terimakasih ya, Mb Ainun… 🙂

        Like

  12. Halo Mbak, saya berencana trip ke UK untuk keperluan kantor dengan beberapa kolega kantor, saya bingung apa semua harus ajuin sendiri atau kalau pengalaman mbak yang satu keluarga bagaimana dengan submit form waktu itu yah? Makasih

    Like

  13. Hi mbak Ainun thank infony aq mau tanya donk kan ad kolom tempat tinggal kita selama 2 tahun terakhir trus di tanya kapan mulai tinggal nah trus ad pertanyaan lg kapan stop tinggal? Nah saya bingung karena saya masih tinggal d alamat skr jd baikny isi apa y? Karena saya kosongi gak bs .. thanks y

    Like

      • Kebijakan approval visa murni dari keputusan pihak kedubes mbak. Alhamdulillah kami dulu cepet banget jadinya. Aku juga speechless 🙂

        Like

    • Halo mbak Velisah. Terimakasih ya sudah berkunjung 🙂

      Iya mbak. Setiap kolom mmg harus diisi. Tentang alamat, menurut saya sebaiknya diisi alamat yg terdahulu aja mbak. Soalnya kan diminta kapan stop tinggalnya. Gak harus persis dua tahun sih. Bisa lebih tapi jangan kurang. Misal kayak aku dulu, belum genap setahun di tempat baru (saat mengajukan visa) soalnya nomadic 😅 jadi aku pakai alamat rumah ortu aja. Ini diatur aja mbak.

      Like

      • Mb,untuk sworn translatornya apakah ditentukan oleh kedutaan?atau ada rekomendasi translator yg dapat digunakan.Trims

        Like

      • Hai Rofiq.

        Pihak kedutaan tdk menentukan sworn translator yang harus kita pakai. Kita bebas milihnya. Kalau saya sih cari yang murah dan cepat. Hihihhi

        Waktu itu saya pakai jasa pak Anang karena lebih murah. Kenanya 30 rb/ lembar (April 2018). Beliau bisa diemail di anangf@gmail.com

        Jadi semua filenya yang akan ditranslte (sudah di scan) dikirim ke pak Anang via email. Nanti pak Anang akan kirimin terjemahannya via email terlebih dahulu untuk memastikan tidak ada kesalahan nama, dll. Kalau sudah fix, Pak Anang akan kirimin bentuk fisiknya via kurir (jne/tiki).

        Semoga membantu ya Rofiq ☺️

        Like

  14. Halo Mbak Ainun, terimakasih banget blognya sangat memberi pencerahan. Saya berencana mengurus visa untuk saya dan anak saya yg masih bayi ke UK.
    saya mau tanya ya mba, mba kan waktu itu bawa anak msh kecil ya 1 tahun, apakah dr vfs ngasih pertanyaan2 kayak semacam term n condition ke UK bawa bayi?
    trus yang kedua, visa mba jadi 5 hari itu mba pake yg reguler atau yang priority?
    terimakasih 🙂

    Like

    • Halo mbak Rizka. Terimakasih udah mampir ya 🙂

      Pengalaman saya waktu ngurus visa, anak-anak gak ditanya apa2 sih mbak. Langsung difoto aja. Ngambil fotonya yg lama karena petugasnya pengen foti yang ok buat di visa sementara anaknya lagi badmood 😅. Petugasnya ramah dan baik2 semua.

      Saya pake visa reguler aja mbak. Gak kuat bayar kalo pake yg priority 😂.

      Semoga membantu ya mbak. Sukses visanya 🤗

      Like

  15. Hallo mbak..
    Saya baru isi visa UK nih. Mau Tanya. Saat isi visa suami,Kan Ada tanggungan yg akan ikut,itu Saya isi nama anak2. Sampai proses akhir yg Pernyataan tetap ditulis bahwa suami applicant over 18. Nah berarti untuk anak2 harus bikin baru lagi tp dgn email suami ya mbak?

    Terimakasih infonya

    Like

    • Halo mbak Anita, salam kenal 🙂

      Kalo sepengalaman saya, masing2 orang harus mengisi aplikasi, termasuk untuk anak2 saya yang saat itu berusia 3 thn dan 1 thn. Semua menggunakan email suami biar gampang mengeceknya mbak.

      Semoga membantu ya

      Like

  16. mau tanya dong mba…kalau interview untuk satu keluarga ngga bisa sama-sama ya? saya, istri dan anak 6 tahun
    untuk dewasa apa perlu juga akte kelahiran yang ditranslate? atau untuk anak saja?

    Like

    • Halo Mas Widido. Terimakasih sudah berkunjung.

      Interviewnya sendiri2 mas. Kecuali untuk anak di bawah 17 th bisa didampingi. Semua butuh akte kelahiran yg telah ditranslate oleh penerjemah tersumpah. Kecuali untuk akte lahir anak, biasanya karena sdh bilingual jd gak perlu ditranslate lagi. Cukup difotocopy saja. Tp klo akte lahir ankanya blm bilingual berarti harus ditranslate dl

      Semoga membantu ya mas.

      Like

  17. Nanya dunk Mb,untuk penerjemah tersumpah,apakah harus yg ditunjuk oleh kedutaan baik visa UK dan Visa schengen?dan apakah dokumen terjemahan bisa digunakan untuk pengajuan visa schengen dan visa UK dalam waktu tdk berbeda jauh(maksudnya dokumen terjemahan asli dipegang aplicant tdk diserahkan ke kedutaan).Thanks

    Like

    • Halo Anwar, thanks for visiting.

      Untuk penerjemah tersumpah tidak harus ditunjuk oleh pihak kedutaan. Bebas siapa saja selama dia adalah seorang penerjemah tersumpah (dibuktikan dengan tanda tangan dan stempel resmi serta pernyataan dari orang yang menerjemahkan bahwa dokemen yang diterjemahkan adalah benar dan bisa dipertanggungjawabkan).

      Untuk visa Schengen, dokumennya tidak harus diterjemahkan oleh penerjemah tersumpah. Bisa diterjemahkan sendiri selama yakin grammarnya sudah benar.

      Jika ingin menggunakan dokumen terjemahan tersebut di dua tempat berbeda sekaligus, sebaiknya dibuat rangkap. Biasanya pihak penerjemah tersumpah akan mengirimkan file dalam bentuk hard file dan soft file. Nah tinggal di print sendiri saja soft filenya jika akan digunakan lagi di tempat lain.

      Semoga membantu ya mas 😊

      Like

  18. maaf mbak,itu untuk anak anak bisa nggak pakai email saya semua ya utk di vfs nya? atau harus email sendiri sendiri juga?

    Like

    • Iya bisa mas. Anak2 dibawah 13 thn memang belum boleh punya email sendiri 🙂

      Pengalaman saya dulu, untuk berempat (satu keluarga) memakai email suami semua. Biar lbh gampang ngeceknya.

      Like

  19. Hai mba , salam kenal.. seperti halnya mba yang mengurus sendiri visa UK (untuk satu keluarga) saat ini saya sedang dalam pengisian form online visa UK untuk satu keluarga juga (saya, suami dan 1 anak) . Ada sedikit bingung di bagian :
    1. Tentang Biaya Kunjungan ke Inggris, di bagian ini jumlah yang harus ditulis apakah jumlah biaya untuk satu keluarga ataukah jumlah biaya per 1 orang anggota keluarga ? Jadi misal total biaya kunjungan kami sekeluarga £3000 karena kami bertiga jadi biaya kunjungan per applicant saya tulis masing2 £1000.
    2. Di bagian Savings ( tabungan) , rekening tabungan yang saya pakai adalah rekening saya. Dalam hal surat referensi bank apakah satu surat referensi bank dapat dipakai untuk kami sekeluarga?
    Mohon pencerahannya ya mba… Terima kasih sebelumnya

    Liked by 1 person

    • Halo Yenny. Slaam kenal juga. Terimakasih ya sudah berkunjung 🙂

      Menurut pengalaman saya,
      1. Biaya kunjungan ke Inggris adalah biaya total keseluruhan untuk satu keluarga. Nanti di form berikutnya akan ada pilihan untuk biaya sendiri-sendiri.

      2. Untuk surat referensi bank boleh pakai satu untuk satu keluarga. Tinggal di fotocopy saja

      Semoga membantu ya dan good luck ^.^

      Like

      • Mba Ainun, jadi untuk point
        1. Di aplikasi suami ( sebagai penanggung utama) sy isi biaya total keseluruhan untuk satu keluarga ( misal £3000). Untuk aplikasi sy dan anak diisi biaya sendiri2 ( misal sy £1000 dan anak £1000) , begitukah mba ?
        Maaf ya mba merepotkan.. terima kasih sebelumnya

        Like

      • Iya mbak. Kalau pengalaman saya dl seperti itu. Yang menjadi penanggung utama diisi dengan total biaya keseluruhan. Untuk aplikan lainnya diisi dengan biaya kebutuhan dan pengeluaran sendiri2.

        Eh iya, kalau suami yg menjadi penanggung utama berarti surat ref banknya harus atas nama akun suami mbak. Tp kalau mau melampirkan surat ref bank atas nama mbak boleh2 saja sebagai dokumen pendukung.

        Like

      • Baik mba… satu lg di bagian Savings, (misal saldo di tabungan 50juta) maka di bagian Savings ini untuk aplikasi suami isinya 50jt, aplikasi sy 50jt dan anak jg 50jt. Apakah seperti itu mba… semoga mba Ainun gak bosan jawab pertanyaan sy

        Like

      • Gpp mbak Yenny. Senang bisa membantu 🙂

        Kalau saya dulu sih savingnya cm ngisi di bagian aplikasi untuk suami. Untuk saya dan anak-anak diisi £0.

        Misal mau menuliskan angka masing2 50 juta berarti hrs disiapkan surat ref bank atas nama akun masing2 sebagai bukti (imho)

        Like

Leave a comment