Explore Malaysia With Baby : Mengapa Johor Bahru?

Jujur saja Johor Bahru tidak pernah masuk dalam daftar kota yang ingin saya kunjungi suatu hari nanti. Karena itu meskipun sudah berkali-kali ke Malaysia, saya tidak pernah membuat itinerary khusus ke daerah perbatasan Malaysia-Singapore itu. Tapi dengan didirikannya Legoland di sana saya akhirnya tertarik, sekadar untuk menghidupkan kembali kenangan masa kecil yang penuh mainan lego dulu sekaligus untuk mengenalkan anak saya Ochy berbagai bentuk dan ukuran lego.

Transportasi dari Singapore ke Johor Bahru

Secara singkat, transportasi dari Singapore ke Johor Bahru yang kami lalui adalah sebagai berikut :

1. Naik MRT ke terminal Queen Street, Bugis
  2. Naik bus Causeway Link (CW2) lalu turun di Woodland untuk stempel imigrasi keluar Singapore
  3. Naik bus Causeway Link lagi dan turun di JB Sentral untuk stempel imigrasi masuk Malaysia.

Kami menuju Johor Bahru dari arah Singapore dengan bus Causeway Link (CW2) yang berangkat dari terminal Queen Street di daerah Bugis, tidak jauh dari tempat kami menginap. CW2 merupakan bus ekspress yang paling banyak digemari orang karena bersih, nyaman dan jumlahnya banyak serta langsung turun di JB Sentral. Perjalanan ke Johor Bahru ditempuh kurang lebih selama satu jam saat itu.

Sebelum memasuki daerah Johor Bahru kita harus turun di Woodland terlebih dahulu untuk mendapatkan cap imigrasi keluar Singapore. Tidak perlu bingung caranya bagaimana karena semua penumpang bus akan diturunkan di sini menuju elevator pemeriksaan imigrasi di lantai atas. Siapkan passport dan mengantrilah di counter yang tidak terlalu padat.

Saat itu karena bertepatan dengan weekend, antrian keluar Singapore padat merayap. Saya sendiri mengantri di depan counter imigrasi hampir 1 jam. Mungkin karena sudah bosan, Ochy mulai rewel. Nangis tidak jelas dan suaranya kencang sekali. Kami sempat jadi pusat perhatian orang. Namun saya bergeming meninggalkan antrian karena setelah sekian lama, giliran saya hanya tinggal beberapa orang lagi. Saya menghibur Ochy dengan mengalihkan perhatiannya pada mainan yang sudah saya siapkan di tas. Ternyata tidak mempan. Saya mau susui tapi sedang ramai sekali. Sementara kebiasaan Ochy kalau lagi nenen, tidak diam seperti anak pada umumnya. Dia cenderung aktif dengan menggoyang-goyangkan kakinya atau tangannya. Saya tidak bisa membayangkan kalau cover menyusui saya tersibak. Mau dikasi susu UHT kemasan, ternyata stoknya sudah habis. Saya lalu berinisiatif memberinya air minum tapi juga ditolaknya. Nangisnya malah tambah kencang. Sahabat saya Aisda yang menjadi travelmate saya kali ini juga tidak bisa berbuat banyak karena saat itu Ochy menolak dipindahkan dari gendonganku. Tapi saya tidak kehabisan akal. Saya coba lagi mengayun-ayunnya di gendongan, menggesernya ke kiri dan ke kanan lumayan bisa menghibur Ochy. Tangisnya mereda dan mulai tertawa. Tapi emaknya berasa encok karena kalau saya berhenti, Ochy kembali nangis lagi. Dalam hati saya sudah gelisah, ini harus berapa lama lagi nih? Duuhhh Pak imigrasi cepetan dikit boleh?

Namun alhamdulillah pertolongan itu datang lagi. Selalu dari arah yang tak disangka-sangka. Seseorang yang antri di line sebelahku, perempuan tambun berperawakan India bertingkah sedemikian lucu hingga Ochy tertawa lepas tanpa saya harus mengayun-ayunkan gendongan. Ia menggelengkan kepala ke kanan dan kiri, memutar bola matanya yang bulat, main cilukba lalu joget ala India membuat Ochy terkekeh-kekeh. Belakangan, bukan hanya Ochy saja yang terhibur namun kita yang mengantri di sekitarnyapun ikut tertawa oleh tingkahnya. Hingga tak berasa sudah tiba giliran kami untuk cap passport.

Setelah passport di stempel, segera turun kembali untuk melanjutkan perjalanan ke Johor Bahru. Naik bus sesuai dengan tiket yang tadi dibeli di Terminal Queen Steeet. Namun tidak harus dengan nomor bus yang sama. Selama masih satu armada, silakan naik saja, duduk di kursi mana saja. Antri naik bus ini juga lumayan lama. 1,5 jam saking banyaknya orang. Nantinya bus yang kita tumpangi ini akan berhenti di JB Sentral untuk mendapatkan stempel imigrasi masuk Malaysia.

Bagaimana ke Legoland dari JB Sentral?

Sebenarnya sangat mudah dan murah menuju Legoland dari JB Sentral yaitu dengan naik Causeway Link (berwarna kuning cerah dengan logo smile) atau LM1 (bergambar Hello Kitty dan Barney) seharga RM 4,5/orang dewasa dan gratis untuk anak-anak. Bayarlah dengan uang pas karena sopir tidak punya uang kembalian. Jadi kalau uangnya pecahan besar, sebaiknya ditukar terlebih dahulu dengan membeli makanan/minuman di convenience store terdekat.

Namun karena kami tiba di JB Sentral sudah sore sekali gara-gara macet dan panjangnya antrian tadi serta diperkirakan tidak punya cukup waktu ke Legoland (perjalanan ke Legoland dari JB Sentral sekitar 1 jam) maka kami memundurkan jadwal ke Legoland keesokan harinya. Padahal jika sesuai rencana kami seharusnya kembali ke Singapore di hari ini juga.

Kami menginap di hotel yang terintegrasi dengan Johor Bahru City Square di dekat JB Sentral. Di sana terdapat banyak hotel dengan tarif mulai RM 50/malam. Karena sudah lelah to the max, malam inipun rencananya hanya akan dihabiskan beristirahat di hotel.

Finally Legoland

Pagi itu hujan deras sekali. Karena itu kami memutuskan ke Legoland dengan naik taxi saja yang bisa langsung mengangkut kami dari hotel. Saat itu kami memakai taxi non argo dan membayar RM 100 untuk destinasi museum Hello Kitty dan Legoland beserta kembali lagi ke JB Sentral karena kami harus kembali ke Singapore lagi.

Tiba di Legoland hujan belum berhenti total. Gerimis masih menggantung di langit Kota Johor Bahru. Tapi Ochy justru menikmati sekali hujan rintik-rintik ini. Genangan air bahkan sengaja diinjak-injaknya dan ketika terkena cipratannya, ia tertawa bahagia sekali.